MPLS daring Sevka telah usai

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

SMK Negeri 7 Surakarta

Tahun Ajaran 2021/2022

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah masa dimana awal mula tahun Ajaran Baru dimulai, untuk apa tujuan MPLS? Tujuan MPLS untuk meperkenalkan kepada peserta didik baru agar mengenal lingkungan sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Karyawan serta fasilitas-fasilitas yang ada disekolah. Kegiatan MPLS ini dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 12 Juni 2021 sampai dengan 14 Juni 2021 mulai pukul 07.00 – 12.30 WIB. Karena merebaknya virus covid 19 ini maka kegiatan MPLS SMK Negeri 7 Surakarta dilaksanakan secara Daring menggunakan aplikasi zoom meeting dan chanel youtube SMK Negeri 7 Surakarta, yang diikuti oleh seluruh peserta didik baru kelas X SMK Negeri  7 Surakarta  Tahun Pelajaran 2021/2022.

Pelaksanaan Kegiatan MPLS pada hari pertama dibuka oleh Ketua Panitia MPLS Ibu Asri Pujihastuti, S.Pd dilanjutkan sambutan oleh Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 7 Surakarta Bapak Drs. Bangkit Budiarto yang memberikan sambutan singkat mengenai pentingnya mengenal lingkungan sekolah dan harus mentaati protokol kesehaatan (prokes). Materi selanjutnya dilanjutkan oleh Bapak Riptono, S.Pd, M.Pd selaku WKS bidang Kesiswaan yang menjelaskan tentang Tata tertib Sekolah dan Budaya Sekolah.

Kegiatan MPLS hari kedua penyampaian materi tentang pemaparan Kurikulum Sekolah yang akan digunakan selama pembelajaran di SMK Negeri 7 Surakarta oleh Bapak Anggara Aditya Kurniawan, S.Pd selaku WaKa Kurikulum. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Suparso, S.Pd selaku WaKa Ketenagaan dan Sarpras berkaitan dengan Sarana dan Prasarana yang dimiliki SMK Negeri 7 Surakarta dan lab tour sesuai Kebijakan Kompetensi Keahlian masing-masing. Kegiatan MPLS hari kedua ditutup dengan tugas mandiri tentang Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Pendidikan Imtaq, Mental & Karakter Siswa dan Tata Krama.

Kegiatan MPLS hari ketiga diawali dengan pengenalan bidang Humas yang disampaikan oleh WaKa Humas ibu Agnes Jujuk Sarwosri, SE, M.Par tentang Praktek Kerja Industri (Prakerin) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dilanjutkan dengan Perkenalan masing-masing Kompetensi Keahlian dan Ekstrakulikuler yang ada di SMK Negeri 7 Surakarta. Kegiatan MPLS hari ketiga ditutup dengan tugas mandiri berupa poster kreatif dengan Tema : Anti Narkoba, Anti Radikalisme, Covid19, dan toleransi Beragama (bisa memilih salah satu). Yang di unggah ke sosial media (Instagram) masing-masing siswa.

Kegiatan MPLS selama 3 hari di SMK Negeri 7 Surakarta  ini bertemakan “Tegar  di Tengah Keprihatinan Menjadi Teladan Merajut Sukses Masa Depan”. Harapannya meskipun MPLS dilaksanakan secara daring ditengah pandemi tetapi bisa mendekatkan jarak antara peserta didik baru dengan sekolah agar mereka lebih mengenal dengan SMK Negeri 7 Surakarta, dan seluruh peserta didik tetap semangat belajar meskipun dalam keterbatasan. Justru ditengah situasi ini kita ditantang untuk lebih memaksimalkan kreatifitas dan memanfaatkan media yang ada untuk berkarya dan berprestasi. Pandemi tidak menjadi halangan untuk maju dan terus belajar yang pasti tetap tegar dan jangan menyerah.

-Ai-

14 thoughts on “MPLS daring Sevka telah usai”

  1. Mantul min

  2. yunita PN 16 Juli 2021

    Mantul

  3. Rachel 16 Juli 2021

    Mantull minnn

  4. sandy 16 Juli 2021

    mantul min

  5. Jaya terus untuk smk7surakarta

  6. Ilyas AM 16 Juli 2021

    Mantap

  7. Muhammad Bagas MW 18 Juli 2021

    Alhamdulillah ,aku bangga sekali bisa menjadi salah satu bagian dari keluarga besar SMKN 7 Surakarta,semogga memotifasi saya untuk lebih bisa berkembang lagi,terima kasih

Add a Comment

Your email address will not be published.