[Opini] Revolusi industri 4.0 di SEVKA

Revolusi industri 4.0

Mendengar kata REVOLUSI benak saya langsung tertuju pada frase “berubah drastis”. Sedangkan kata Industri membuat saya berfikir tentang “Pabrik”. Dan pengertian revolusi industri adalah perubahan besar dan radikal terhadap cara manusia memproduksi barang.
Dari abad ke abad tahun ke tahun cara manusia memproduksi barang selalu mengalami perubahan yang sangat drastis yang semula semua hal hanya tergantung pada kekuatan otot (manusia,binatang) berubah menggunakan roda bergerak (revolusi 1.0) kemudian berubah dengan menggunakan mesin (revolusi 2.0) lalu berubah lagi menggunakan komputer dan robot (revolusi 3.0) dan saat ini sedang dalam masa menggunakan kompute atau smartphone yg Terhubung dengan internet (revolusi 4.0).

“Internet of things” adalah bagian utama dari revolusi industri 4.0. Segala permasalahan yang ada dalam industri bisa terselesaikan dengan kompute atau smartphone yang terhubung dengan internet. Dari hari ke hari kita tidak akan bisa lepas dari internet. Dengan kata lain saat ini adalah “jamannya internet”. Jarak ruang dan waktu tidak akan jadi penghalang untuk melakukan banyak hal dengan adanya internet. Satu alat bisa digunakan lebih dari satu perusahaan hanya dengan dihubungkan dengan internet. seperti contoh kasus jika ada satu nasabah bank yang mempunyai masalah dia bisa datang ke bank cabang mana saja untuk menyelesaikan masalahnya karena setiap cabang bank bisa mengakses semua data yang dibutuhkan dengan bantuan internet.

Setiap berubahan besar ini pasti akan diikuti oleh perubahan besar dalam bidang lainnya, seperti ekonomi, politik, militer dan budaya. Sebagai contoh perubahan budaya, dahulu ketika hari raya kita akan mengunjungi saudara kita untuk mengucapkan selamat hari raya, kemudian berubah dengan mengirimkan kartu lebaran, selang beberapa tahun kemudian berubah lagi dengan mengucapkan melalui telefon/sms, saat ini kita bisa mengucapkan selamat hari raya dan seolah-olah kita hadir di sana dengan cara video call.
Perubahan ini sudah pasti akan ada jutaan pekerjaan yang hilang dan pastinya jutaan pekerjaan baru akan muncul, bahkan yang belum kita bayangkan sebelumnya.

Revolusi industri 4.0 ini sedang berlangsung, kita tidak tahu sejauh mana revolusi industri 4.0 ini akan memberikan dampak bagi peradapan manusia.
Akan tetapi kita adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna yang dilengkapi dengan akal dan pikiran. Sedasyat apapun perubahan itu saya yakin pasti kita mampu menyesuaikan diri.

Gelar Karya yang diselanggarakan SMKN 7 dengan tema “revolusi industri 4.0” menurut saya belum sepenuhnya menunjukan adanya kesiapan SMK N 7 Surakart dalam menyongsong revolusi industri 4.0. Sebagai contoh pada bidang Literasi, Seharusnya sudah memamerkan buku-buku digital yang dapat diakses oleh siapapun kapanpun dan dimanapun dengan bantuan internet. Dalam hal pemasaran produk-produk siswa seharusnya sudah dapat dilakukan melalui jaringan internet (on line) tidak lagi ditawarkan secara manual (door to door).

Secuil artikel dari saya semoga bermanfaat.
Salam literasi
Idha Muchtar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *