Multimedia

logo MM

1.SEJARAH SINGKAT

Sebelumnya SMKN 7 Surakarta hanya memiliki satu jurusan yaitu Pekerjaan Sosial. Oleh karena itu, Bapak Sigit Martopo selaku kepala sekolah kala itu memiliki wacana untuk membuka kompetensi keahlian baru, salah satunya Multimedia. Pada awalnya kendala yang dialami yaitu SDM. Sehingga beberapa guru didiklatkan ke UNY selama 2 minggu. Kompetensi Keahlian Multimedia lahir pada tahun 2007.  Diawali dengan membuka satu kelas. Fasilitas yang dimiliki waktu itu baru satu lab computer, kamera digital pocket dan handycam untuk praktik. Tapi sekarang Multimedia sudah berkembang menjadi 9 kelas dan fasilitas-fasilitas yang sudah jauh lebih lengkap.

 2. DAFTAR NAMA GURU PAKET KEAHLIAN

 

No Nama Kompetensi yang diampu Keterangan
1 Adie Sigit P.,A.Md –      Komposisi Foto Digital-      Teknik Animasi 3D

–      Kerja Proyek

D3 Deskomvis UNS
2 Noviana Krisbiyanti, S.Kom –      Pengolahan Citra Digital-      Kerja Proyek S1 Teknik Informatika STIMIK Sinar Nusantara
3 Agus Eko Purnomo, S.Kom –      Perakitan Komputer-      Sistem Operasi

–      Teknik Pengolahan Gambar Bergerak

S1 Teknik Informatika Universitas Surakarta
4 Iffah Maulina, S.Pd –      Sistem Komputer-      Desain Multimedia

–      Desain Multimedia Interaktif

S1 Pendidikan Teknik Informatika UNY
5 Aulia Irfani, S.Pd –      Teknik Animasi 2D-      Teknik Pengolahan Audio

–      Kerja Proyek

S1 Pendidikan Teknik Informatika UNY
6 Hafid Arrofiqi, S.Pd –      Sistem Operasi-      Pemrograman Dasar

–      Teknik Pengolahan Video

S1 Pendidikan Teknik Informatika UNY
7 Joko Sutopo, S.Kom –      Simulasi Digital S1 Teknik Informatika UNWIDHA

 

 

3. PRESTASI YANG PERNAH DIRAIH

No Bidang Lomba Juara/Peringkat Tingkat
1 LKS Desain Grafis Thn. 2014 II Kota
2 LKS Software IT Aplication Thn.2014 I Kota
3 LKS Animasi Thn. 2015 II Kota
4 LKS Animasi Thn. 2016 II Kota
5 Video Pendek Kemdikbud “Sekolahku Masa Depanku” 2016 III Nasional
6 Video Loop Kepo Telkomsel 2016 I Regional Jateng-DIY
7 Video Pendek Arpusda Surakarta “Solo Membaca” 2016 III Kota
8 Desain Maskot (Parti UMS 2016) III Soloraya
9 Frame of Solo Photo Competition 2016 III Kota
10 Merakit Printer dan LCD Proyektor oleh EPSON 2016 III Solo
11 Video Kreatifitas Instagram STIE Pignatelli 2016 II Soloraya

 

 4. SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG

  1. Lab praktik (3 ruang)
  2. Peralatan praktik fotografi dan video
  3. Ruang Instruktur

 

5. KERJASAMA DU/DI dan Komunitas

Bekerjasama dengan DU/DI antara lain:

– Mammoth Photography

– Ide Unik

– EMJI SPS

– CV.Citra Intermedia Solusindo

– Jari Animasi

– Natural Advertising

– Gage Advertising

– Martin Advertising

– Caramel Studio

– Ozzome.ink

– Kedai Digital

– Bening Photography

– Grafera Advertising

– PTPN Radio

– MTA FM

– Solo Radio

– Jangkar Production

 

Memiliki hubungan kerjasama institusi dan komunitas antara lain:

  • MGMP Multimedia
  • Telkomsel
  • ISI Surakarta
  • UMS
  • UNS
  • APMMI (Asosiasi Profesi Multimedia Indonesia)

 

 6. POTENSI LULUSAN/TAMATAN

 

No LINGKUP PEKERJAAN TUGAS POKOK
1 Audio-Video Editing –     Merekam video-     Editing video

–     Editing audio

2 Animasi creator –     Membuat gambar animasi-     Membuat animasi 2D

–     Membuat animasi 3D

3 Web Administrator –     Konfigurasi web-     Perawatan web

–     Desain web

4 Advertising/Digital Printing –     Mendesain undangan-     Mendesain gambar raster

–     Mendesain gambar vektor

 

 7. VISI MISI PAKET KEAHLIAN MULTIMEDIA

VISI

“Mencetak Tenaga Kerja Terampil, Aktif, Mandiri, dan Profesional di Bidang Multimedia, Yang Berpengetahuan dan Berwawasan Global, Beriman Serta Berbudaya Lingkungan”

 

MISI

Misi yang telah dirumuskan untuk pencapaian visi tersebut ialah :

  1. Memupuk dan Meningkatkan IMTAQ kepada Tuhan YME
  2. Menumbuhkan sikap dan sifat yang terampil, aktif serta mandiri
  3. Menyiapkan Tenaga Kerja Yang Profesional
  4. Menumbuhkan Jiwa Wirausaha yang Handal
  5. Menumbuhkan daya manusia yang santun, unggul, kompetitif, mudah beradaptasi dan berpengatahuan luas
  6. Meningkatkan Penguasaan dan pengembangan IPTEK
  7. Memberdayakan Dan Mengembangkan Potensi Lingkungan Hidup

 
MM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *