Kemeriahan Festival Jenang Solo 2017

WhatsApp Image 2017-02-17 at 3.29.54 PM
Festival kuliner khusus masakan jenis jenang digelar di Solo, Jawa Tengah. Festival ini masih termasuk dalam rangkaian puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Solo ke-272.

Puluhan menu masakan jenang ditampilkan di Ngarsopuro, Solo, pada hari Jumat 17 Februari 2017. Mengambil tema ‘Festival Jenang Nusantara’, event tersebut digelar sebagai bagian dari ucapan syukur untuk hari jadi kota pusat budaya Jawa tersebut.

Peserta didik dari paket keahlian Jasa Boga dan Patiseri turut dalam kegiatan tersebut, untuk lebih mengenal dan tahu lebih dekat tentang beragam jenang nusantara dan tradisinya.

Jenang selalu hadir sebagai simbol ungkapan rasa syukur kepadaNya. Dalam semua ritual selamatan masyarakat Jawa khususnya di wilayah Surakarta dan sekitar, makanan khas berupa jenang selalu hadir.
Jenang umumnya dibuat dari tepung beras atau tepung ketan lalu dimasak dengan santan dan ditambahkan gula merah atau gula putih. Makanan khas itu menjadi simbol doa, harapan, persatuan, dan semangat masyarakat Jawa.
Sedikitnya ada 17 jenang dalam festival ini , diantaranya abrit petak (merah putih), grendul, saloko, dan sumsum.
WhatsApp Image 2017-02-17 at 3.29.54 PM (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *