DIKLAT OSIS MPK PERIODE 2019/2020

DIKLAT OSIS MPK PERIODE 2019/2020

Organisasi siswa SMKN 7 Surakarta yang tergabung dalam Organisasi Intra Sekolah (OSIS) dan Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan dasar di tahun 2019 ini. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai hari Kamis, 31 Oktober 2019 hingga Sabtu, 2 November 2019. Diklat ini diikuti oleh seluruh peserta dari pengurus OSIS kelas X dan XI, sedangkan sebagai panitia pelaksana adalah kelas XII dibawah bimbingan penanggung jawab acara yaitu pembina OSIS ibu Asri Pujihastuti, S.Pd.

Ada yang sedikit berbeda dari kegiatan Diklat kali ini, karena pada acara hari pertama atau diklat ruang kegiatan di handle langsung oleh ibu Wening Sukmanawati, S.Pd., M.Pd. selaku kepala sekolah.

 

 

 

Pada hari Kamis dan Jum’at dilaksanakan diklat ruang dengan materi pemetaan permasalahan dan pemecahan masalah dari 7 lini atau pokja kesiswaan antara lain : Literasi, Ketertiban (k7), Kerohanian, Bela Negara, Kesehatan, Lingkungan dan Kreativitas seni.

 

 

Dalam kegiatan diskusi ini peserta dibimbing langsung oleh guru-guru koordinator dari masing-masing lini, antara lain ibu Nur Hidayati, S.Pd selaku koordinator pokja Literasi, ibu Dra.Helena sebagai koordinator pokja lingkungan, ibu Flaviana, S.Pd. selaku koordinator kesehatan, ibu Tri Yaningsih, S.Pd., M.Pd. selaku koordinator pokja ketertiban (k7), bapak Tri Agung Bagus, S.Pd. selaku koordinator pokja Bela Negara, bapak M. Taufik, S.Pd. selaku koordinator pokja kerohanian dan ibu Astika M, S.Sn selaku koordinator pokja Kreativitas Seni.

 

 

Dalam kegiatan diklat ruang tersebut siswa dibagi kedalam 7 kelompok sesuai masing-masing pokja dan mereka diminta berdiskusi tentang permasalahan di lini pokjanya kemudian mencari pemecahan permasalahan yang ada kemudian dituangkan ke dalam program kerja dan proposal. Dalam pembuatan proposal tersebut siswa dibimbing oleh ibu Dra. Bonifatia R.

 

Kegiatan diklat lapang dilaksanakan di Kebun Jambu 234 Kemuning, Karanganyar. Dalam kegiatan tersebut terdapat beberapa rangkaian acara diantaranya, sharing session oleh kakak kelas dan alumni OSIS, renungan malam dan doa bersama. Dipagi harinya mereka diajak untuk refreshing sekaligus melatih kerjasama dan kekompakan dalam tim melalui kegiatan outbond yang dipandu oleh fasilitator dari PMI.

 

Kegiatan ini cukup mengena bagi siswa dan meriah sehingga siswa merasa antusias dan gembira meskipun acara padat dan cukup melelahkan. Pengalaman yang mereka dapatkan selama diklat diharapkan mampu menjadikan mereka termotivasi untuk lebih aktif memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan sekolah terutama dalam keaktifan kegiatan siswa, kemampuan berfikir kritis, menggali potensi siswa, serta menanamkan karakter kuat pada seluruh siswa.

-achi-

6 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *